Tuesday, November 22, 2016

PRESS RELEASE TRUI


Press Release



 



Selasa, 22  November 2016
Training 1 &2 Divisi Non Teknis
Gedung EC Ruang Robotik

Tim Robotic UI (TRUI) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengembangkan potensinya di bidang  robotika. tim ini terdiri dari 2 divisi yaitu divisi  teknis yang meliputi Mekanikal, Elektrikal dan Programming dan divisi nonteknis meliputi manajerial.  Ke dua divisi ini saling bersinergis untuk menyelesaikan project membuat robot sesuai dengan jenis  kompetisi yang akan mereka ikuti.
Untuk membentuk sumber daya manusia  yang berkompeten, tentu perlu persiapan yang lebih dan perencanaan yang matang. Untuk itu perlu dilakukannya training untuk para calon anggota muda Tim Robotik UI sebelum mengadakan tes dan masuk kedalam tim. Dengan begitu, para calon anggota muda dapat mengetahui apa saja tugas mereka dan apa saja yang harus dipelajari dan dikembangkan.

Divisi non teknis telah melakukan 2 x training yaitu tarining pertama  pada hari selasa 8 November 2016, dan training ke dua  pada hari selasa 15 November 2016. Pada training pertama, kita diberi pengalan mengenai apa itu robotika dan fungsinya . kita diberi tahu wawasan mengenai cara robot bekerja dari mulai input (menggunakan sensor), proses (menggunakan prosesor) dan Output (menggunakan aktomotor). Lebih spesifiknya, divisi non teknis menekankan pada manajerial tim, tugas tugas manajer secara umum seperti menjaga kekompakan tim, dokumentasi tim, keuangan tim, mengatur jadwal kegiatan tim dan menetapkan timeline tugas tim.

 Manajer bertanggung jawab penuh dalam pembuatan proposal kegiatan ( pembuatan proposal  lomba yang didalamnya terdapat Identitas tim, desain robot, sensor dan aktuator,strategi dan keuangan team) , dokumntasi setiap kegiatan notulensi setiap rapat, pencatatan progres kinerja tim untuk dipresentasikan(dapat menggunakan trello.com) , membangun kekompakan tim, pembuatan video untuk dokumentasi,  pembuatan presentasi design,  Keuangan tim ( Pemasukan (dana usaha, fundraising,pinjaman anggota, rektorat) dan pengeluaran ) , Pembuatan LPJ (memakai nota resmi yang jelas, ada cap toko, ada tanggal dan ada tandatangan penjual)  dan inventarisasi peralatan. Dan di akhir sesi , kita diberi tugas untuk membuat format pembukuan dana tim, 5 bukti pembayaran dan trello tentang jadwal kegiatan kita sehari hari selama seminggu kedepan.

Pada training ke 2, kita diajarkan lebih mendalam mengenai management tim, bagaimana kita mengelola / memagemet proyek agar dapat mencapai tujuan dengan hasil yang memuaskan. Terlebih dahulu, kita diperkenalkan dengan patner kita dalam menyusun proyek robotik ini yaitu devisi teknis yang meliputi divisi eleektikal, mekanikal dan progreming . Kita diperkenalkan bidang yang mereka kuasai agar dapat membagi pekerjaan dengan sesuai. Untuk menajement proyek terbagi menjad 4 sub kelas yaitu Planning, Organizing, controling dan Implementing. Palnning merupakan pondasi awal tujuan nya di buat sebuah proyek. Di dalam planning sendiri membahas tentang Start up Meetintg ( Memulai pertemuan) project definition (Memdeskripsikan proyek yang akan buat ) dan Grand Design ( Gambaran terpenting/inti  dari sebuah poyek). Dalam penentuan grand design, kita juga harus cermat dan sesuai dengan pentunjuk atau aturan pembuatan proyek. Organizing adalah kegiatan mengatur sedemikian rupa agar kegiatan dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Organizing meliputi Work Based Design (WBS) (pembagian kerja, progress, timeline dan lain lain), team profiling (mengatur pembagian pera  berdasarkan kemampuan setiap orang), Meeting Schedule (mengatur waktu untuk pertemuan ), Communicatiaon (berkomunikasi) dan Report( Mencatat hasil tugas atau riset/ laporan). Controlling berfungsi untuk mengontrol kerja tim  yang terdiri dari  Exsternal (bantuan dosen, senior untuk mereview), keep on tract (Mengarahkan agar tugas tugas sejalur dengan tujuan) dan result of validation (Validasi hasil pekerjaan ke external expert).  Dan Implementing adalah memulai produksi sebuah produk  dengan melakukan  output Checking  (memerikas apakah pekerjaan memenuhi recruitment) , monitoring,  Tim scales ( membuat produk agar tidak melebihi waktu yang ditentukan0 dan Budget Scales (Usaha mengurangi budget seminimum mungkin / controling pengeluaran dan pemasukan )

Selain itu, pada training ke dua dijelaskan mengenai Project management yang materinya diambil dari  salah satu dosen mulai dari esensial for leading project teams, rencana awal proyek (membangun WBS , Mendeskripsikan Aktifitas Proyek, Dan mengembangkan proyek jangka panjang), developing a dynamic project schedule , project estimating techniques  , component of planning project, IS/IT Project Planning methodologies, Monitoring an contrlling project dan cara menyelesaikan/ menutup sebuah projecct (menidentifikasi prosedur, mendeskripsikan jalanya project ketiiak diberhentikan dan memaparkan hal hal penting dari Ripository). Management proyek terdiri dari beberapa metodologi diantaranya MSF (Microsoft Solution Framework) dipakai oleh perusahaan microsoft, XP (Extreme Progremming), RUP (Rational Unifiled Procces) diapakai IBM, Feature driven Deveompment(FDD), Hajar Bleh Progreming yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang awam, dan SCRUM yang sekarang TRUI pakai. SCRUM merupakan sebuah kerangka kerja untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dan adaptif , disaaat yang bersamaan, ,menghsailka produk yang bernilai tinggidengan produktif  dan kreatif. Adapaun Aplikasi / toold yang digunakan untuk management proyek diantaranya Trello, Github, Google drive, Basecamp, Draft Board, Asana dan lain lain. Di akhir sesi, kita diberikan penjelasan mengenai proyek yang sukses dan mengalami kegagalah yaitu proyek yang sukses memiliki Penyelesaian waktu yang sesuai, budget yang sesuai , sesuai dengan permintaan contumers dan diterima oleh constumer. Sedangan proyek yang mengalami kegaagalan  yaitu mengalami scope creep, rencana yang kurang realistis dan tidak terjadwal, miskin sumber daya dan tidak sesuai dengan permintaan contumers.

Kegiatan Training ini sangat membantu kita para calon anggota muda TRUI sehingga kita dapat tahu gambaran mengenai tugas apasaja yang akan kita jalani dan harus kita pelajari. Sehingga kita tidak menjadi kebingunagan di awal awal masuk kedalam tim. 



Nama : Mochamad Febrian Adhi Patria]
NPM : 1606888084
Jurusan : Teknik Metalurgi dan Materials
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           





No comments:

Post a Comment