Press Release
|
Selasa, 22 November 2016
Training 1 &2 Divisi Non Teknis
Gedung EC Ruang Robotik
Tim Robotic UI
(TRUI) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk
mengembangkan potensinya di bidang
robotika. tim ini terdiri dari 2 divisi yaitu divisi teknis yang meliputi Mekanikal, Elektrikal
dan Programming dan divisi nonteknis meliputi manajerial. Ke dua divisi ini saling bersinergis untuk
menyelesaikan project membuat robot sesuai dengan jenis kompetisi yang akan mereka ikuti.
Untuk membentuk sumber daya
manusia yang berkompeten, tentu perlu
persiapan yang lebih dan perencanaan yang matang. Untuk itu perlu dilakukannya
training untuk para calon anggota muda Tim Robotik UI sebelum mengadakan tes
dan masuk kedalam tim. Dengan begitu, para calon anggota muda dapat mengetahui
apa saja tugas mereka dan apa saja yang harus dipelajari dan dikembangkan.
Divisi non
teknis telah melakukan 2 x training yaitu tarining pertama pada hari selasa 8 November 2016, dan
training ke dua pada hari selasa 15
November 2016. Pada training pertama, kita diberi pengalan mengenai apa itu
robotika dan fungsinya . kita diberi tahu wawasan mengenai cara robot bekerja
dari mulai input (menggunakan sensor), proses (menggunakan prosesor) dan Output
(menggunakan aktomotor). Lebih spesifiknya, divisi non teknis menekankan pada
manajerial tim, tugas tugas manajer secara umum seperti menjaga kekompakan tim,
dokumentasi tim, keuangan tim, mengatur jadwal kegiatan tim dan menetapkan
timeline tugas tim.
Manajer bertanggung jawab penuh dalam
pembuatan proposal kegiatan ( pembuatan proposal lomba yang didalamnya terdapat Identitas tim,
desain robot, sensor dan aktuator,strategi dan keuangan team) , dokumntasi setiap
kegiatan notulensi setiap rapat, pencatatan progres kinerja tim untuk
dipresentasikan(dapat menggunakan trello.com) , membangun kekompakan tim,
pembuatan video untuk dokumentasi, pembuatan
presentasi design, Keuangan tim ( Pemasukan
(dana usaha, fundraising,pinjaman anggota, rektorat) dan pengeluaran ) , Pembuatan
LPJ (memakai nota resmi yang jelas, ada cap toko, ada tanggal dan ada
tandatangan penjual) dan inventarisasi peralatan.
Dan di akhir sesi , kita diberi tugas untuk membuat format pembukuan dana tim,
5 bukti pembayaran dan trello tentang jadwal kegiatan kita sehari hari selama
seminggu kedepan.
Pada training
ke 2, kita diajarkan lebih mendalam mengenai management tim, bagaimana kita
mengelola / memagemet proyek agar dapat mencapai tujuan dengan hasil yang
memuaskan. Terlebih dahulu, kita diperkenalkan dengan patner kita dalam
menyusun proyek robotik ini yaitu devisi teknis yang meliputi divisi
eleektikal, mekanikal dan progreming . Kita diperkenalkan bidang yang mereka
kuasai agar dapat membagi pekerjaan dengan sesuai. Untuk menajement proyek
terbagi menjad 4 sub kelas yaitu Planning, Organizing, controling dan
Implementing. Palnning merupakan pondasi awal tujuan nya di buat sebuah proyek.
Di dalam planning sendiri membahas tentang Start up Meetintg ( Memulai
pertemuan) project definition (Memdeskripsikan proyek yang akan buat ) dan
Grand Design ( Gambaran terpenting/inti dari sebuah poyek). Dalam penentuan grand
design, kita juga harus cermat dan sesuai dengan pentunjuk atau aturan
pembuatan proyek. Organizing adalah kegiatan mengatur sedemikian rupa agar
kegiatan dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Organizing meliputi Work Based
Design (WBS) (pembagian kerja, progress, timeline dan lain lain), team
profiling (mengatur pembagian pera
berdasarkan kemampuan setiap orang), Meeting Schedule (mengatur waktu untuk
pertemuan ), Communicatiaon (berkomunikasi) dan Report( Mencatat hasil tugas
atau riset/ laporan). Controlling berfungsi untuk mengontrol kerja tim yang terdiri dari Exsternal (bantuan dosen, senior untuk
mereview), keep on tract (Mengarahkan agar tugas tugas sejalur dengan tujuan)
dan result of validation (Validasi hasil pekerjaan ke external expert). Dan Implementing adalah memulai produksi
sebuah produk dengan melakukan output Checking (memerikas apakah pekerjaan memenuhi
recruitment) , monitoring, Tim scales (
membuat produk agar tidak melebihi waktu yang ditentukan0 dan Budget Scales
(Usaha mengurangi budget seminimum mungkin / controling pengeluaran dan
pemasukan )
Selain itu,
pada training ke dua dijelaskan mengenai Project management yang materinya
diambil dari salah satu dosen mulai dari
esensial for leading project teams, rencana awal proyek (membangun WBS ,
Mendeskripsikan Aktifitas Proyek, Dan mengembangkan proyek jangka panjang),
developing a dynamic project schedule , project estimating techniques , component of planning project, IS/IT Project
Planning methodologies, Monitoring an contrlling project dan cara
menyelesaikan/ menutup sebuah projecct (menidentifikasi prosedur,
mendeskripsikan jalanya project ketiiak diberhentikan dan memaparkan hal hal
penting dari Ripository). Management proyek terdiri dari beberapa metodologi
diantaranya MSF (Microsoft Solution Framework) dipakai oleh perusahaan
microsoft, XP (Extreme Progremming), RUP (Rational Unifiled Procces) diapakai
IBM, Feature driven Deveompment(FDD), Hajar Bleh Progreming yang biasa dipakai
oleh kebanyakan orang awam, dan SCRUM yang sekarang TRUI pakai. SCRUM merupakan
sebuah kerangka kerja untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dan adaptif ,
disaaat yang bersamaan, ,menghsailka produk yang bernilai tinggidengan
produktif dan kreatif. Adapaun Aplikasi
/ toold yang digunakan untuk management proyek diantaranya Trello, Github,
Google drive, Basecamp, Draft Board, Asana dan lain lain. Di akhir sesi, kita
diberikan penjelasan mengenai proyek yang sukses dan mengalami kegagalah yaitu
proyek yang sukses memiliki Penyelesaian waktu yang sesuai, budget yang sesuai
, sesuai dengan permintaan contumers dan diterima oleh constumer. Sedangan
proyek yang mengalami kegaagalan yaitu
mengalami scope creep, rencana yang kurang realistis dan tidak terjadwal,
miskin sumber daya dan tidak sesuai dengan permintaan contumers.
Kegiatan
Training ini sangat membantu kita para calon anggota muda TRUI sehingga kita
dapat tahu gambaran mengenai tugas apasaja yang akan kita jalani dan harus kita
pelajari. Sehingga kita tidak menjadi kebingunagan di awal awal masuk kedalam
tim.
Nama : Mochamad Febrian Adhi Patria]
NPM : 1606888084
Jurusan : Teknik Metalurgi dan Materials
No comments:
Post a Comment