Thursday, July 12, 2018

INTRODUCING MATLAB

INTRODUCING MATLAB




MATLAB (Matrix Laboratory) merupakan  bahasa pemograman tingkat tinggi. Softwere ini pertama kali dikenalkan oleh University of New Mexico dan University of Stanford pada tahun 1970. Saat ini, Softwere ini dikembangkan oleh Mathworks dan dikhususkan untuk komputasi numerik, visualisasi dan pemrograman. Dengan memanfaatkan Matlab, pengguna dapat melakukan analisis data, mengembangkan algoritma, dan membuat model maupun applikasi. Bahasa, tools dan fungsi built-in akan memudahkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan dan memperoleh solusi yang lebih cepat dibandingkan menggunakan spreadsheets atau bahasa pemrograman tradisional seperti bahasa C/C++ atau Java. MATLAB Menggunakan Array/Matrix sebagai standar variabel elemennya tanpa mendeklarasikan array seperti pada bahasa lainya. Selain itu, Matlab dapat di Integrasikan dengan Applikasi dan bahasa pemrograman eksternal lain seperti C,java, NET dan Microsoft Excel.
Saat ini , Kemampuan dan fitur yang dimiliki Matlab lebih lengkap dengan ditambahkan toolbox-toolbox yang sangat luar biasa. Beberapa manfaat dari Matlab ini diantaranya :
  • Melakukan Komputasi Numerik
  • Perhitungan Matematika
  • Simulasi dan pemodelan
  • Visualisasi dan analisis data
  • Pembuatan grafik untuk keperluan sains dan teknik
  • Pengembangan Applikasi, misalnya dengan memanfaatkan GUI (Graphic User Interface).
Matlab memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk menemukan bantuan sehubungan dengan semua fasilitas yang diberikan matlab. Misalnya, bantuan tentang bagaimana memulai Matlab pertama kali, trik pemrograman, membuat grafik 2 dan 3 dimensi, menggunakan tool akuisisi data, pengolahan sinyal, penyelesaian persamaan diferensial parsial. Untuk memperoleh bantuan tersebut, kita dapat memilih Matlab Menu dari enu Help . Untuk bantuan tentang Matab sediri, dibagi atas beberapa bagia , antara lain :

  • Develop Enviroment : untuk memberikan informasi yang lengkap dari desktop matlab.
  • Mathematics: fitur matlab yang digunakan untuk mengelola data mathematis dan statisitik. bantuanya berupa matriks dan aljabar linier, polinominal dan interpolasi, analisis data dan statistik, fungsional function, dan matriks jarang (sparse matrixs).
  • Proggramming and data Type : Menjelaskan bagaimana script dan fungsi menggunakan Matlab. Bantuan ini mencakup program M-File,larik,larik multidimensi , optimalisasi performance Matlab, tip pemrograman Matlab.
  • Graphics , bagaimana membuat atau mengplot grafik dari data yang kita miliki. yang termasuk bagian ini adalah dasar dasar pengeplotan, format grafik, membuat grafik khusus, misanya grafik dalam bentuk bar, histogram, contour dan lain lain.
  • Visualization, bagian ini menjelaskan bagaimana menampilkan data yang kita miliki dalam 3 dimensi, termasuk di dalamnya membuat grafik 3D, menentukan tampilan object, transparansi object , lighning  dan lain lain.
  • Creating Graphical User Interface, bagaian yang mejelaskan bagaiman kita membuat GUI (Graphical User Interface ) berbasis Matlab.
Disamping bagian bagian yang sudah disebutkan daiatas, disini juga disertakan beberapa bagian tambahan yang ikut melengkpi dokumentasi  penjelasan tentang Matlab, di antaranya Fuctio -by Cattegory, fuction-Alphabetical List, handle graphical Property browser, External interface /API dan lain lain.






No comments:

Post a Comment