Thursday, July 12, 2018

JOURNEY TO THE TOP "Be A Super Student for Milenieals Era"

JOURNEY TO THE TOP 
"Be A Super Student for Milenieals Era"



Journey to the Top atau dalam bahasa  "perjalanan menuju puncak "  adalah salah satu seminar yang diselenggarakan oleh paguyuban Scholars Bazma Pertamina yang diselenggarakan pada hari sabtu, 05 Mei 2018 di gedung K.301 Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Acara ini di Ikuti lebih dari 140 peserta penerima beasiswa Bazma Pertamian yang datang dari berbagai kampus diantaranya ITB,UI,UNPAD,UPI, IPB dan berbagai daerah di seluruh Indonesia.



 
Adapaun tema yang di angkat dalam seminar ini adalah "Be A Super Student for Milenials Era".  dimana , saat ini , rata rata peserta adalah generasi milenials yang memiliki banyak tantangan dan rintangan dalam mencapai kesuksesan. salah satu pembicara dalam seminar ini adalah Ibu Nicke Widyawati plt. Direktur Utama PT. Pertamina . Beliau memberikan beberapa tips dalam mencapai kesuksesan hidup yang beliau dapatkan dari pengalamannya. 




Ada beberapa hal yang beliau sampaikan agar dapat mencapai kesuksesan, terutama berkarier di usia muda diantaranya knowledge, skill, experience, dan attitude . Keempat hal tersebut merupakan unsur paling penting dalam meraih kesuksesan dimana pun kita berada. Knowledge berkaitan dengan pengetahuan. Jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita tahu. Teruslah belajar. jangan membatasi potensi diri. cobalah bidang lain sepanjang kita ingin belajar dan mengeksplorasi potensi dalam diri kita. lalu kedua adalah  skill berekaitan dengan keahlian. Skill ini tidak dapat dengan instan. perlu pengorbanan dan pantang menyerah. terutama konsisten, karena dengan konsisten maka keahlian tersebut akan tumbuh, karena bisa karena terbiasa. Lalu Experience berkaitan dengan Pengalaman. Cobalah untuk memanfaatkan peluang sekecil mungkin. Karena peluang kadang tak datang 2 kali. Selagi kita masih muda, perbanyaklah pengalaman dalam berbagai hal, dan jadikan pembelajaran hidup dari pengalam tersebut, karena Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. dan  yang terakhir adalah attitude. Attitude merupakan hal yang paling penting. salah satu sikap yang paling penting adalah jujur dan tanggung jawab. karena 2 elemen itu adalah sikap yang paling penting dalam bekerja. Perusahaan ataupun atasan tidak akan suka dengan orang yang attitude nya buruk. Sikap jujur membuat orang jadi percaya terhadap kita dan terhidar dari korupsi sedangkan tanggung jawab akan membuat kita lebih disiplin baik dari segi waktu, efiseinsi kerja dan lain lain. Apabila kita telah bertanggung jawab, baik itu untuk diri sendiri dan pekerjaan, tentu kita akan mendapat banyak kepercayaan dari orang lain.



Selain itu ibu Nicke juga memberikan pesan kepada para peserta untuk tidak takut menggapai impian, karena tidak ada hal yang mustahil di dunia ini dan semua bisa dilakukan dengan niat yang baik. lalu beliau memberikan nasehat , yaitu delama dalam meniniti karier kita harus memiliki niat untuk membahagiakan orang tua dan memberi kepada sesama, karena doa orang tua dapat menjadi berkah, sedangkan memberi kepada sesama menjadi bukti rasa syukur kita atas apa yang telah di berikan Allah SWT.
 


 
Acara ini berlangsung dengan khidmat dan sangat seru, tentunya banyak ilmu yang bermanfaat yang bisa kita serap dari nara sumber, terutama untuk kita generasi muda yang sedang meniti impian untuk masa depan dan calon pemimpin bangsa.


 
 

No comments:

Post a Comment