Wednesday, July 11, 2018

GENERATION-TALK 2018

GENERATION-TALK 2018

"MILLENIALS SHOULD SAVE THE EARTH"

 

Generation- Talk (G-Talk) 2018 merupakan salah satu program kerja dari divisi Green Young On Top  Depok. Divisi ini  memiliki concern terhadap  Lingkungan . Oleh karena itu, tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah "Milennials Should Save The Earth" . Kegiatan ini di Isi oleh 4 pembicara yang telah terjun di lingkungan masyarakat tentunya.











  • Terdapat 4 narasumber dalam kegiatan ini. Narasumber pertama adalah Bpk. Muhamad Yunus. Beliau merupakah Alumni dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB dan Master Student Mechanical Enginner di university Teknologi Petronas (UTP). Saat ini beliau menjabat sebagai Chairman Depok Green Community Forum. Dalam sesi tersebut beliau menjelaskan tentang kondisi Lingkungan yang berada di Depok, Khususnya penyediaan  penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) . Ruang Terbuka Hijau Sangat penting keberadaanya di setiap kota khususnya kota Depok yang telah banyak melakukan pembangunan seperti Mall, apartement dan bangunan lainya yang menyebabkan lahan untuk tanaman menjadi berkurang. Beliau juga menjelaskan mengenai tata letak kota yang ideal untuk suatu kota yang nyaman untuk tempat tinggal. Di akhir presentasi beliau juga menjelaskan tentang Depok Green Community dimana Depok Green Community ini mewadahi dan menjadi jembatan penghubung dengan komunitas komunitas lingkungan lainya di Depok. 
  • Pembicara ke dua ada CEO dari Regeneration mas Agung Hartansyah. Beliau memaparkan seputar generasi millenials dan apa yang seharusnya generasi milenials lakukan untuk menyelamatkan bumi. Mas agung hartansyah sendiri memimpin start up pengembang energy terbaharukan, diantaranya solar panel, kincir angin , dll. Salah satu kontribusi nyata beliau untuk negeri ini telah membuat kampung bungin (bungin techo village). Kampung ini awalnya memiliki kesulitan untuk penyediaan listrik dan air bersih, namun saat ini telah dibangun Pembangkit listrik tenaga angin skala micro di sana dan solar panel untuk membantu penerangan disana. Saat ini beliau ingin mengembangkan kampung bungin tersebut menjadi kampung wisata dan ingin juga mengajak mahasiswa dan komunitas lain untuk turut serta mewujudkanya.selain itu, beliau juga mengkampanyekan penanaman tanaman magrove disana, mengingat tingkat abrasi disana tinggi.



  • Pembicara ke 3 &4 adalah mas Ren Katili dan Riri Yakub. Berangkat dari backgroud arsitektur beliau memaparkan materi tentang lovely city " kota yang di cintai". Beliau memaparkan mengeniai denah kota dan pembuatan bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Ternyata design bangunan akan mempengaruhi jumlah konsumsi energy yang dipakai. Selain kegiatan seminar, acara Generation - Talk ini diisi juga oleh pameran arsitektur dari kampus yang berdomisili di depok. Selain itu, Acara ini juga merupakan kegiatan "charity" dimana selain mengajak masyarakat terutama generasi milenials untuk lebih  peduli terhadap lingkungan, acara ini juga memberikan donasi kepada panti Pazki Depok .




                                                                                                                         





          No comments:

          Post a Comment