Monday, March 19, 2018

PENGALAMAN, ILMU DAN KELUARGA BARU, TERIMAKASIH SCOLARS BAZMA PERTAMINA!


PENGALAMAN, ILMU DAN KELUARGA BARU, TERIMAKASIH SCOLARS BAZMA PERTAMINA!


Jumat, 09 maret 2018 kami di pertemukan kembali dengan keluarga baru kami yaitu keluarga paguyuban scholars bazma pertamina. Kami datang dari berbagai penjuru mulai dari jawa timur, bandung , tasik, bogor, depok dan jakarta. Kami datang dengan latarbelakang universitas dan jurasan yang berbeda.

Siang itu hari yang cerah. Kami berangkat dengan 3 bus menuju Patra Comfort Anyer tepat pukul 8.05 WIB dari mesjid Istiqlal. Suasana senang gembira mewarnai perjalanan kami. Terlebih ketika sarapan pagi dan berbagai souvenir di bagikan kepada kami, kami semakin bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Rombongan Keberangkatan Gathering Scholars Bazma Pertamina

Waktu menunjukan pukul 11.00 menyudahi perjalanan kami untuk tiba di Hotel Patra Comfort Anyer. Kami langsung di pandu untuk memasuki ruang krakatau  hotel Patra Confort Anyer untuk sejenak beristirahat setelah kurang lebih 3 jam menempuh  perjalan . Duduk bersama diantara meja kotak sambil mendengarkan instruksi dari kaka panitia penyelenggara kegiatan. 

Setelah beristirahat, kami langsung di pandu untuk segera melaksanakan shalat jumat di mesjid yang berada fi sekitar hotel. Kami menunaikan sholat jumat sebagaimana kewajiban kami sebagai seorang muslim. Setelahnya, kami melakukan shalat jama ashar bersama. 


Setelah melakukan ibadah, kami dilanjutkan dengan makan siang di gedung krakatau. Rasa lelah dari perjalanan menggugah selera makan kami menjadi bertambah. Bukan hanya itu, hidangan makanan yang lezat semakin menggugah selera makan kami menjadi bertambah.

Setelah kami menyatap hidangan makan siang, kami melajutkan rangkaian kegiatan kami yaitu dengan briefing. Briefing ini membahas tentsng rakaian kegiatan dan pemnagian kunci kamar. Setelah selesai kami dipandu untuk  menuju kamar masing masing. Saya menempati lamar nomor 225 bersama teman baru saya yaitu ukap dari Unindra dan senior saya yaitu kang Sadam dari PTIQ batch 2 dan kang Dahlan dari PTIQ batch 3.

Setiba nya di kamar tidur, kami sangat takjub dengan fasilitas yang telah bazma  berikan. Hotel yang mewah dengan segala fasilitas yang ada menmbah rasa syukur kami setibanya kami di kamar. Hal tersebut pula menambah semagat kami untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan ini.

Waktu semakin larut malam. Kami bersama sama melakukan shalat magrib berjamaah di mesjid sekaligus menunaikan shalat jama isya. Setelahnya,  kami di beri arahan untuk masuk ke gedung untuk menerima materi sesi 1 dari bpk. Dofa  purnomoselaku Assistant Manager Board Strategy Support & Corporate Data PT Pertamina. Santapan daging sedap tentunya dapat bisa menerima ilmu dari beliau. Leadership adalah bahasan utama yang di paparkan beliau. Pemimpin merupakan suatu icon yang dapat menyatukan anggota. Dalam menghadapi permasalahan,pemimimpin harus sabar, Cool, tenang dan tidak mudah panik. Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah abbility, effort dan attitudu yang baik. Itu pesan dari pak dofa selama mengisi kegiatan berlangsung. 
 

Malam semakin larut,tiba kita menginjak sesi berikutnya yaitu brainstorming. Kak Iko, Kak Nina dan Kak Dita memandu jalanya acara dengan penuh kekhidmatan. Kisah inspiratif dari ketiganya mewarnai malam itu. Tak lupa, inspirasi datang dari teman teman scolars yang telah melakukan kegiatan luar biasa. Salah satu nya teman paguyuban IPB yang telah berhasil mengembangkan masyarakat dalam ternak bebek di desa bunian, menjadikan desa tersebut sebagai salah satu  penghasil bebek di jawa barat. Ada pula teman dari PTIQ sebagai inisiator memakmurkan masjid ar rahman di lebak bulus . Dan teman teman dari UI yang memiliki program self development mengeratkan anggota paguyuban sebelum terjun di masyarakat.

Tak terasa, malam semakin larut. Kami menyudahi kegiatan di hari pertama dengan fikiran penuh inspirasi.

Sang fajar telah terbit, tibs di hari kedua kita. sabtu, 10 maret 2018 . Deru ombak dan indah nya sunrise dipagi hari mewarnai keindahan pagi. Resto kalpataru telah menunggu kedatangan untuk sarapan pagi yang ditemani pemandangan indah pantai anyer.

Sesi kedua mendatangkan pembicara yang sangat menarik. bapak Ihsanuddin Usman selaku SVP Human Capital Development PT. Pertamina (Persero). Didatangkan membahas  untuk mengenai Exponential Abbundance: How to Grow 10x Better. Pemaparan yang menarik dari beliau menyadarkan kita bahwa perkembangan teknologi  semakin maju mengikuti daret ekponensial. Segala bentuk kecangihan teknologi yang telah di buat dibumi di paparkan dalam materi tersebut. Dari situ kamim sadar, Indonesia jika dibandingkan dengan negara barat jauh tertinggal dari segi technologi. Untuk itu, kami sadar selaku generasi muda sudah sepatutnya kita belajar dengan sungguh sungguh untuk mengejar ketertingalan teknologi tersebut. " belajarlah sampai ke negeri cina" m

Setelah pemaparan menarik dari pak Ihsan tiba ke pembicara ke dua yang tak kalah hebat dari ketua umum bazma pertamin Susilo. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan materi  Menjadi Pemenang Tanpa Mengalahkan. Bagaimana membawa tim untuk dapat menang tanpa menggunakan kecurangan. Atas dasar pengalaman beliau dalam memimpin, belaiau juga dapat menjawab pertannyaan dengan sangat baik, salah satu nya adalah dalam pembuatan keputusan dalam team.


Setelah menyantap daging dari pak ihsan dan pak susilo, tiba kita menyantap daging sungguhan. Disesi istirahat dan sholat dzuhur & jama ashar. Setelah itu, Dua pembicara muda  telah siap memberikan materi yang akan dipapakan. Adalah Mas Anjas Jati Kesuma selaku Jr. Analysis G to G Business Intiative dan Mas Rendhi Prakoso selaku Crude Oil Trading-Integrated Supply Chain PT. Pertamina (Persero). Mas Rendhi memberikan paparan materi mengenai perbuatan baik untuk jangan di lakukan secara sembunyi sembunyai dan ikhlas sedangkan mas anjas memaparkan materi tentang penting organisasi di kehidupan kampus. Kedua pemateri ini memberikan gambaran sudut pandang dan inspirasi baru bagi kita.

Setelah asik menerima santapan daging dari pembicara, tak sadar hari semakin sore. Kami lantas bergegas kembali kekamar masing masing, sebagian berjalan jalan menikmati pantai di sore hari, sebagian sibuk menyiapkan latihan untuk tampil night vagansa nanti.


Sang fajar telah terbenam di ufuk barat pantai. Sunset  mewarnai indahnya senja di sore itu. Malam pun tiba, Kami segera mempersiapkan peralatan dan latihan yang akan kami tampilkan di night vagansa. Penampilan pertama datang dariUniversitas Indonesia. Drama mengenai kehidupan sehari hari mahasiswa bazma ditampilkan pada malam itu. Lalu, selanjutnya adegan silat datang dari para pendekar PTIQ . Semakin malam night vagansa semakin seru. Nyanyian, pantun, dan dongeng menemani hangat malam di pantai. Lagu dangdut dan india mengajak raga kita untuk berjoged bersama, melepaskan segala beban dan tugas kuliah untuk sementara. Malam yang sangat hangat dan penuh kebahagian.

Jam  menunjuk  pukul 23.30 tibalah kami untuk beristirahat ke tampat tidur masing masing. Canda tawa menemani perjalan kami menuju kesana, dengan adegan yang penuh cerita. 



Sang fajar telah terbit, hari terakhir di gathering pun telah tiba, Minggu 11 maret 2018. Kalpataru resto telah menunggu kedatangan kami untuk bersantap ria. Indahnya pagi yang ditemani ombak pantai dan indahnya laut biru menamani kami santap pagi . Namun , permainan games, dan senam telah menunggu kami di bibir pantai. 



Pagi itu penuh kebahagiaan. Selepas santap pagi, kami melanjutnya dengan senam. Instruktur senam memandu jalanya kami selama senam berlangsung. Canda tawa mewarnai setiap gerakan yang yang telah di peragakan. Lomba bakiak dan tarik tambang mewarnai kehangatan pada pagi itu. Tak lupa banana booth untuk pertama kalinya dan memberikan sensasi tersendiri yang sulit dilupakan. Tali persaudaraan pun  menjadi semakin erat. 




Waktu berjalan begitu cepat. Panas terik matahari menyudahi kegiatan kita di bibir pantai. Bergegaslah kami untuk berkemas menyiapkan barang kami untuk berpulang, Menjalani rutinaitas kehidupan kita masing masing. Waktu menunjuan pukul 14.00 segeralah kami bergegas ke ballroom hotel untuk mempersiapkan kepulangan kami. Dan pada akhirnya, sekitar pukul 15.00 tiga bus kami meluncur ke jakarta mengantar kepulangan kami.

Kegiatan gathering  yang sangat luar biasa. Menambah ilmu, pengalaman dan keluarga baru. Apresiasi penuh kepada kaka  panitia yang telah mengemas kegiatan menjadi sangat menarik dan tak terlupakan. Kepada mas Suke dan jajaranya dari para petinggi bazma telah sangat membantu keberadaan dan keberlangsungan acara ini . Dan tak lupa pihak Pertamina yang support kegiatan ini. 



GERAK KITA ..... Gerak Gerak Gerak... GERAK KITA 😊



Senin, 12 maret 2018

Mocahamad Febrian Adhi Patria
dikosan yang penuh keheningan

No comments:

Post a Comment